Google Siapkan OS Andromeda, Debut di Laptop Pixel 3? -via Fi2down

Google semakin serius mengembangkan sistem operasi sendiri di berbagai platform. Setelah Android, Chrome OS, Chromecast, dan Fuchsia, raksasa internet itu dikabarkan masih mengembangkan satu OS lagi, yakni Andromeda. 

Apa itu sebenarnya Andromeda? Andromeda merupakan OS gabungan dari Android dan Chrome OS. Kabarnya, Andromeda bakal berbasiskan Android yang ditambah dengan berbagai fitur dari Chrome OS. 

Andromeda juga akan berbeda dari Fuchsia OS yang lebih ditujukan bagi perangkat-perangkat IoT milik Google. 

Nantinya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web,Selasa (27/9/2016), Andromeda ini kemungkinan besar akan digunakan di produk laptop dan juga tablet.

Meski begitu, Andromeda dikatakan bukan sebagai produk penerus Chrome OS yang sudah hadir duluan. Andromeda merupakan sebuah sistem operasi yang benar-benar baru.  

Chrome OS sendiri merupakan OS berbasis internet yang dibuat oleh Google khusus untuk laptop. Semua aplikasi di Chrome OS berbasiskan situs web. Oleh karena itu, pengguna harus terhubung ke internet untuk menggunakan kebanyakan aplikasi yang ada. 

Laptop pengguna Chrome OS sendiri dinamakan Chromebook.    

Selain informasi di atas, belum ada bocoran lain yang muncul. Google pun masih menutup mulut rapat-rapat perihal OS tersebut.

Akan tetapi, berdasarkan rumor yang santer beredar, Andromeda bakal lebih baik dari Chrome OS yang ada saat ini. Mungkinkah, laptop Andromeda bisa digunakan secara offline

Satu hal yang pasti, Andromeda dikatakan bakal menjadi pesaing kuat dari laptop berbasis Windows dan Mac sekalipun. 

Pixel 3 "Bison", laptop pertama dengan Andromeda

Google pun digosipkan sudah menyiapkan sebuah laptop perdana berbasis Andromeda. Perangkat tersebut memiliki nama kode Bison. Ia digosipkan memiliki nama resmi Pixel 3. 

Bison dikatakan berbentuk laptop convertibel, yang bisa dioperasikan sebagai tablet lengkap dengan stylus. Laptop dengan layar sentuh 12,3 inci ini sangat tipis, tebalnya hanya 10 mm.

Ada dua model perangkat, yakni dengan prosesor Intel m3 atau Core i5 dengan penyimpanan 32 GB atau 128 GB, dan RAM 8 GB atau 16 GB.

Pixel 3 dikabarkan akan diperkenalkan di acara peluncuran produk Google pada 4 Oktober mendatang. Selain itu, di acara yang sama, Google dikatakan akan memperkenalkan dua smartphone Pixel, sebuah Chromecast, dan sebuah router WiFi.

Meski begitu, Pixel 3 dikabarkan baru akan dirilis pada tahun 2017 mendatang.

Related Posts:

0 Response to "Google Siapkan OS Andromeda, Debut di Laptop Pixel 3? -via Fi2down"